Infoproperti.com – Keunikan dari sebuah Negara tidak terlepas dari keindahan arsitektur bangunan yang ada. Dari bangunan itulah, keunikan dari sebuah Negara dapat dilihat. Tidak heran, apabila banyak Negara yang berlomba-lomba membangun gedung pencakar langit sebagai icon dari Negara tersebut. Lihat saja Dubai yang mempunyai gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Tidak hanya sebagai icon, dengan adanya gedung pencakar langit ini dapat menghemat lahan. Karena desain dari bangunan ini vertical sehingga tidak memerlukan banyak lahan untuk membangunnya. Dibawah ini terdapat bangunan pencakar langit tertinggi di Indonesia.

1.Wisma BNI 26

Bangunan yang terletak di Jalan Jend. Sudirman kavling, Karet tangsin – Jakarta Pusat ini, saat ini merupakan bangunan tertinggi yang ada di Indonesia. Sekaligus bangunan tertinggi di Dunia pada urutan ke 147 dan pencakar langit tertinggi ke-3 di Asia tenggara pada tahun 1996. Tinggi wisma BNI mencapai 262 m, yang terdiri dari 50 lantai.

2.Sahid Sudirman Centre

Berada di kawasan Sahid city, Jalan Jend. Sudirman, tinggi bangunan ini ialah 258m. Terdapat 59 lantai di gedung pencakar langit tersebut. Dimana 54 lantai digunakan sebagai perkantoran dan sisanya untuk parkir dan area servis. Sahid sudirman centre baru diresmikan pada tanggal 14 Maret 2015, dari awal pembuatannya pada bulan Mei 2014. Pengagas dari pencakar langit ini ialah Sahid group, dimana untuk mendirikannya menghabiskan dana kurang lebih 1,5 triliun.

3.Raffles Hotel, Ciputra Word 1

Memiliki tinggi hingga 253,3m dengan 52 lantai. Pencakar langit ini berada dibawah pengembang real estate Ciputra land. Penggarapannya baru selesai pada tahun 2014 lalu. Pencakar langit tertinggi ke-3 di Indonesia tersebut, terletak di Jalan prof. Doktor Satrio, No. 3-5, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 12120.

4.Pakubuwono Signature

Dikembangkan pada tahun 2003, Pakubuwono residence dirancang dengan konsep liveable Apartement atau eco-property. Lokasinya berada di Jalan Pakubuwono VI No.72, Kebayoran baru, Jakarta selatan, Jakarta 12120. Tinggi dari bangunan ini 250m dan memiliki 50 lantai. Pemilihan konsep eco-property itu sendiri sangat tepat, mengingat di Kebayoran sangat dikenal sebagai kawasan yang memiliki banyak pohon dan tumbuhan.

5.Sinarmas MSIG “Chase Tower”

Masih bertempat di kawasan Jalan Jend. Sudirman, pencakar langit ini pada awal 2015 disebut-sebut sebagai bangunan tertinggi di Kota Jakarta. Dengan memiliki nilai investasi sebesar 1,5 triliun rupiah, pencakar langit ini dimiliki oleh Sinarmas MSIG Life dan juga PT Smart, Tbk. Bangunan yang memiliki ketinggian sekitar 245m ini, dirancang oleh perusahaan arsitektur terkenal di Marzio Kato Architecture dari Los AngelesAmerika Serikat. Konsep yang diusung dari bangunan pencakar langit ini ialah modern dan ramah lingkungan. Hal ini terlihat dari penggunaan Low E Glas atau double glass system yang mereduksi (Mengurangi) suara dan panas secara maksimal.

Namun ke lima skyscraper tersebut, sepertinya akan dikalahkan oleh beberapa bangunan yang masih dalam proses pengerjaannya seperti The St.Mortiz complex main office tower dengan tinggi 275,62m, Supertall Cemindo tower 304m, Thamrin nine tower 330m, The Icon Residence 350m, Pertamina Energi Tower 530m dan Signature tower. Signature tower ini masih dirancang dan diperkirakan memiliki tinggi mencapai 638m. Pencakar langit tersebut digadang-gadang akan menjadi bangunan tertinggi ke-5 di Dunia. Ke-enam pencakar langit tersebut baru akan mulai direalisasikan pada tahun 2015 ini.

Advertisements