Infoproperti.com – Memiliki sebuah rumah merupakan impian semua orang. Namun karena terbatasnya dana yang dimiliki banyak orang yang memilih membeli rumah bekas dibandingkan yang baru. Jika Anda saat ini tengah berniat membeli rumah bekas, perhatikan beberapa hal dibawah ini.

Kelengkapan dokumen

Ketika membeli rumah, entah itu baru maupun bekas, salah satu hal yang harus Anda perhatikan ialah kelengkapan surat dari rumah tersebut. Apakah sudah memiliki IMB atau belum, memiliki hak pemilikan bangunan atau tidak. Dalam membeli sebuah rumah surat IMB sangat lah penting. IMB ini nantinya akan dapat digunakan untuk mengetahui berapa dana saat melakukan renovasi rumah atau pembangunan rumah. Terlebih lagi apabila Anda membeli rumah bekas.

Kondisi rumah

Karena Anda membeli rumah bekas, cobalah untuk melihat kondisi dari rumah tersebut. Apakah masih dalam kondisi bagus atau sudah sangat memerlukan renovasi. Akan lebih baik, apabila Anda membeli rumah bekas yang keadaannya masih baik dan rapi. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk merombak semua bagian rumah sesuai dengan keinginan Anda.

Salah satu tips yang harus Anda perhatikan ialah pilihlah rumah yang memiliki dinding bata. Mengapa demikian? Dengan dinding seperti ini Anda dapat mendesain rumah tanpa perlu merombak semua bagian lagi. Tidak hanya dapat menghemat biaya, rumah seperti ini memiliki nilai estetika yang tinggi.

Sesuaikan dengan dana

Meskipun harga rumah bekas lebih murah daripada rumah baru, bukan berarti Anda dapat begitu saja membeli rumah tanpa memperhatikan dana yang Anda miliki. Sebelum benar-benar memutuskan membeli rumah tersebut pastikan dulu dana yang Anda miliki. Walaupun sebenarnya bisa saja menggunakan fasilitas kredit pemilikan rumah, namun akan sangat lebih baik apabila Anda dapat membeli dengan uang Anda sendiri. Menggunakan jasa KPR memang sangat menguntungkan, akan tetapi perlu Anda tahu semakin lama tenor yang diberikan, akan banyak pula bunga yang harus Anda bayarkan.

Selamat mencoba!!

Advertisements