Ketika berniat membeli sebuah rumah, salah satu kendala yang sering dialami ialah down payment atau uang muka. Dalam mengajukan kpr memang sangat diajurkan untuk membayar uang muka. Terlebih uang muka yang disyaratkan ialah sebesar 30% dari harga rumah. Lalu bagaimana cara mengumpulkan dana untuk membayar uang muka tersebut? Berikut tips untuk Anda.

Sisihkan penghasilan bulanan

Kebanyakan masyarakat, akan menyisihkan penghasilan ketika ada uang yang tersisa. Namun tahukah jika itu merupakan salah satu langkah yang kurang efektif, karena bisa saja dalam satu bulan tersebut tidak ada sisa uang. Cobalah untuk menyisihkan uang Anda tanpa harus menunggu sisa di akhir bulan. Anda bisa menyisihkan sekitar 10-30% dari penghasilan yang Anda terima.

Manfaatkan barang pribadi

Sebagai makhluk social, Anda tentu tidak bisa dilepaskan dari sebuah investasi. Tidak diragukan lagi, jika investasi merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memutar dana yang dimiliki. Jika Anda selama ini gemar memiliki investasi emas batangan ataupun kendaraan. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan investasi tersebut untuk DP rumah.

Ubah pola pikir

Kebanyakan orang ketika mengetahui besarnya uang muka yang dipersyaratkan menjadi cepat putus asa dan merasa tidak yakin dalam mengumpulkan dana sebesar uang muka tersebut. Maka dari itu, ubahlah pola pikir Anda, dan yakinkan pada diri Anda, jika Anda bisa mengumpulkan uang untuk DP rumah yang Anda inginkan. Percaya atau tidak, pola pikir seseorang dapat mempengaruhi hasil yang ia lakukan.

Pinjam keluarga atau teman

Jika hasil penjualan investasi yang Anda miliki belum cukup membayar uang muka. Tidak ada salahnya untuk meminta tolong kepada keluarga maupun teman Anda. Atau bisa pula Anda meminjam pada pihak lain, namun pastikan pinjaman yang Anda ambil tersebut tidak menggunakan jasa kredit tanpa angsuran atau KTA. Ini akan menyulitkan Anda, dimana Anda harus membayar dua kali yaitu uang pinjaman dan juga KTA.

Semoga bermanfaat!!

Advertisements