Memiliki rumah merupakan salah satu kewajiban pokok yang mesti dipenuhi terutama bagi mereka yang telah berkeluarga. Namun saat membeli rumah tentu tidaklah mudah, banyak sekali pertimbangan. Mengingat baru pertama membeli rumah.

Maka dari itu, berikut ini beberapa tips bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah.

Budget

Jangan pernah memaksakan untuk membeli apapun diluar batas kemampuan Anda, terlebih saat membeli rumah. Belilah rumah yang sesuai dengan keuangan yang Anda miliki. Ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih ketika membeli rumah, tunai, tunai bertahap maupun kredit. Saat membeli rumah, Anda juga harus menyiapkan dana untuk uang muka sampai notaris.

Apabila dana yang Anda miliki tidak memungkinkan untuk membeli rumah secara tunai, tidak ada salahnya memilih metode pembayaran tunai bertahap atau pun kpr. Apabila Anda ingin membayar rumah secara kredit, pastikan Anda memenuhi semua syarat yang ditetapkan bank. Biasanya bank akan melihat rekening koran Anda 3 bulan terakhir. Biasanya biaya yang dikenakan setiap bulannya ialah sepertiga dari penghasilan. Dengan begitu dana yang tersisa dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Lokasi

Sangat penting sekali lokasi dari property yang Anda beli. Sebagai makhluk social, tentu tidak akan pernah puas dengan apa yang dimiliki. Untuk itu sangat penting sekali peran lokasi saat membeli rumah. Rumah yang berada di lokasi yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, perkantoran dan mall biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Dengan begitu ketika Anda ingin menjual property, capital gain yang Anda dapat tinggi.

Agen rumah

Apabila Anda membeli rumah menggunakan jasa pengemabang atau developer pastikan untuk menggunakan jasa pengembang yang memiliki rekam jejak baik. Jangan pernah malas untuk mencari tau mengenai pengembang tersebut. Meminta rekomendasi dari keluarga dan sahabat akan jauh lebih baik.

Keamanan

Salah satu hal yang paling penting dalam membeli rumah ialah keamanan. Tanyakan kepada pengembang atau developer mengenai keadaan lokasi sekitar perumahan. Apakah rawan kejahatan atau tidak. Ini berfungsi untuk melindungi keselamatan dan kenyamanan Anda beserta keluarga. Jangan sampai keluarga merasa tidak nyaman saat berada di rumah.

Selamat berinvestasi.

Advertisements