Apa yang harus dilakukan pertama kali ketika terjadi kebakaran?

Belakangan ini memang banyak sekali terjadi bencana kebakaran, entah itu akibat kelalaian manusia maupun factor intsalasi listrik dalam rumah atau bangunan itu sendiri. Pada dasarnya kebakaran dapat diatasi dengan berbagai cara. Namun apabila bencana kebakaran tersebut sudah terlanjur terjadi, alangkah labih baiknya Anda melakukan hal berikut untuk menyelamatkan Anda dan juga para keluarga.

Jangan panik

Dalam menghadapi keadaan seperti bencana kebakaran ini, Langkah pertama yang mesti dilakukan ialah tenang dan tidak panik. Ini berguna agar Anda tidak melakukan hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan Anda sendiri. Ingat, panik hanya akan menambah masalah Anda, karena sulit menemukan jalan keluar dalam keadaan darurat seperti ini.

Pintu darurat

Dalam sebuah rumah, adanya pintu darurat memang sangat diperlukan. Dengan adanya pintu ini, Anda beserta keluarga dapat dengan mudah menyelamatkan diri ketika terjadi bencana, salah satunya ialah kebakaran. Tentu tidak ada yang menginginkan hal semacam ini terjadi. Namun sebagai manusia tentu Anda tidak tau bukan apa yang akan terjadi pada diri Anda?

Alat pemadam kebakaran ringan

Ini merupakan salah satu alat yang musti ada dalam sebuah rumah. Entah itu hanya satu atau dua buah, alat yang satu ini harus ada di rumah. Dengan adanya alat pemadam kebakaran ringan ini dapat sedikit menghambat rambatan api.

Matikan semua aliran listrik

Ketika terjadi kebakaran, pastikan aliran listrik dalam rumah Anda sudah dalam keadaan mati. Jangan sampai masih ada aliran listrik di dalam rumah. Ini akan membuat Anda tersentrum ketika ingin mematikan api di dalam rumah.

Hubungi pemadam kebakaran

Sangat penting sekali menyimpan nomor-nomor penting seperti pemadam kebakaran maupun ambulans. Kebanyakan kasus kebakaran, masyarakat tidak langsung segera menghubungi pihak pemadam kebakaran karena kurangnya pengetahuan mengenai nomer telepon pemadam kebakaran ini. Untuk itu pastikan nomor-nomor pentung tersebut selalu ada dalam daftar contact ponsel Anda.

Advertisements