Infoproperti.com – Air merupakan sumber kehidupan manusia. Bahkan sebanyak 71% bagian dari bumi ialah terdiri dari air. Meskipun demikian, saat musim kemarau masalah kekurangan air saja melanda. Dengan keadaan yang seperti ini, melakukan penghematan air merupakan salah satu hal yang terpenting.

Gunakan kembali air bekas mencuci

Jika selama ini sering membuang air bekas cucian, mulai sekarang cobalah untuk lebih mengehemat air dengan memanfaatkannya kembali untuk mengepel lantai rumah. Anda pun juga dapat memanfaatkannya untuk mencuci motor maupun mobil.

Tampung air ketika mencuci sayuran

Saat mencuci sayuran memang dianjurkan menggunakan air mengalir, namun bukan berarti Anda bisa membuang-buang air begitu saja. untuk bisa lebih menghemat air, tampunglah air cucian sayuran tersebut. Dengan air tersebut Anda dapat menggunakannya untuk menyiram tanaman di sekitar rumah.

Jangan berlama-lama di dalam kamar mandi

Apakah Anda termasuk orang yang suka berlama-lama ketika mandi? Jika iya, cobalah untuk mengurangi kebiasaan Anda tersebut. Semakin lama Anda berada di dalam kamar mandi, semakin banyak pula air yang Anda buang.

Matikan kran ketika sedang mencuci tangan

Kebiasaan yang sering dilakukan ketika mencuci tangan, ialah tetap membiarkan air terus mengalir meskipun sedang menggunakan sabun. Jika demikian, sudah berapa banyak liter air yang Anda buang hanya untuk mencuci tangan? Tentu Anda tau sendiri jawabannya, bukan? Maka dari itu, cobalah mulai sekarang untuk meninggalkan kebiasaan Anda yang sering membuang-buang air.

Ingatlah di luar sana masih banyak sekali orang yang kesulitan mendapatkan air bersih. Jika sekiranya dapat melakukan penghematan air, mengapa tidak? Toh, ini juga bermanfaat untuk Anda. Anda dapat lebih menghemat tagihan air di rumah bukan? Maka dari itu, yuk mulai menghemat air dari sekarang.

Save water save life!!

Advertisements