Infoproperti.com – Penggunaan energi di rumah memang tidak bisa dihindari, mengingat tanpa adanya pencahayaan ini dapat membuat rumah terasa pengap dan gelap. Namun yang terjadi justru banyak terjadi pemborosan pemakaian energi listrik ini. Tidak heran apabila Indonesia masuk sebagai Negara di ASEAN paling boros dalam pengunaan energi. Mengingat masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum bisa merasakan pemakaian listrik, tentu saja ini merupakan suatu hal yang sangat miris. Lalu bagaimana agar bisa menghemat pemakaian listrik di rumah? Yuk, ikuti tips di bawah ini.

Atur ulang pencahayaan di rumah

Tanpa adanya sumber cahaya sudah dipastikan bila rumah tersebut gelap dan seperti tidak berpenghuni. Agar bisa menghemat pemakaian energi yang perlu dilakukan ialah dengan mengatur pencahayaan dirumah. Dengan memanfaatkan sinar matahari pada siang hari tentu dapat sedikit mengurang pemakaian energi di rumah. Bukalah semua jendela yang ada dirumah, supaya sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Cahaya matahari yang masuk kedalam rumah tersebut, juga dapat memberikan kesan luas.

Gunakan lampu neon

Dalam langkah melakukan penghematan, perlu dilakukan perubahan yang besar. Seperti memperhatikan penggunaan lampu. Selain dapat digunakan sebagai penerangan, lampu juga berguna sebagai pemanis ruangan. Saat ini bahkan banyak sekali produk lampu hemat energi, seperti neon. Lampu neon ini sangat sedikit sekali memerlukan energi listrik.

Kurangi penggunaan peralatan elektronik

Di era yang serba modern ini, memang banyak sekali bermunculan alat-alat praktis dan menguntungkan. Seperti mesin penyedot debu, pengering pakaian, mesin pencuci piring dan juga penghangat makanan. Namun sadar atau tidak, dengan pemakaian peralatan tersebut justru akan membuat pemakaian listrik lebih banyak. Apabila semua itu dapat dilakukan secara manual, tidak ada salahnya untuk tidak melibatkan peralatan elektronik tersebut.

Gunakan laptop daripada PC

Sekarang ini semua kegiatan tidak bisa dilepaskan dari jaringan internet. Untuk mengerjakan tugas, mencari berita terbaru dan melakukan transaksi pembelian maupun penjualan, sekarang semua menggunakan internet. Karena dianggap lebih efisien. Namun ketika mengakses internet tentunya Anda membutuhkan laptop maupun pc. Meskipun di handphone juga bisa digunakan, namun akan lebih mudah, bila dilakukan di laptop maupun pc. Tapi, tahukah Anda jika menggunakan PC, memerlukan energi yang tidak sedikit. Karena harus selalu terhubungan dengan jaringan listrik tidak heran jika penggunaan pc ini membuat tagihan listrik membengkak. Untuk itu akan lebih baik jika mengurangi penggunaan PC dan menggantinya dengan laptop. Tidak hanya lebih praktis, menggunakan laptop juga dapat menghemat listrik 5x lipat. Namun apabila masih tetap ingin menggunakan desktop atau PC, gunakanlah monitor LCD daripada LRC.

Pendingin ruangan

Disetiap rumah pasti mempunyai pendingin ruangan entah itu air conditioner (AC) maupun kipas angin. Ketika udara sedang panas, menggunakan pendingin ruangan memang sangat menguntungkan terlebih bila musim kemarau. Namun tanpa disadari, semakin kecil suhu yang digunakan justru penggunaannya listriknya semakin banyak. Cobalah mulai saat ini mengurangi penggunaannya dengan menanam banyak pohon di sekitar rumah. Selain rumah menjadi sejuk, dengan menanam pohon juga dapat mengurangi pemanasan global.

Advertisements