Infoproperti.com – Dalam sebuah rumah, lantai mempunyai peranan penting sebagai alas. Ada banyak sekali jenis lantai, salah satunya adalah lantai kayu atau yang disebut parquet. Lantai jenis ini memang belum banyak yang mengetahui. Namun, meskipun begitu lantai jenis ini sangat banyak manfaat, salah satunya ialah tahan lama. Lantai parket ini dapat tahan hingga 5 tahun. Dalam pembuatannya ada banyak sekali macam kayu yang digunakan, seperti kayu jati, ulin, oak, kelapa, ebony, merbau, maple dan masih banyak lagi. Lantai jenis ini dapat diaplikasikan dengan model rumah bentuk apapun. Entah itu minimalis, modern, klasik maupun tradisional. Namun bagaimana cara membeli parket kayu yang berkualitas?

Bahan

Ketika ingin berniat membeli lantai kayu, satu hal yang perlu Anda perhatikan ialah bahan dari lantai kayu itu sendiri. Ini sangat berpengaruh terhadap keawetan dari kayu tersebut. Ada banyak sekali macam dari kayu parket ini, diantaranya solid wood. Ini merupakan parket yang terbuat dari potongan kayu kecil. Namun potongan dari kayu ini terbuat dari bahan yang sama. Solid wood ini merupakan yang paling mahal dari parket lainnya. Selanjutnya engineering parket atau veneer. Lapisan atas dari parket ini terbuat dari lapisan kayu tipis atau yang sering disebut veneer, sedangkan bagian bawahnya terbuat dari triplek (Kayu lapis). Dan yang terakhir ialah laminate parquet. Ini terbuat dari potongan kayu yang dijadikan serbuk. Selanjutnya serbuk tersebut dicetak dalam hot press sehingga menjadi lembaran papan.

Katebalan

Ketebalan dari kayu yang digunakan juga sangat penting. Apabila ketebalan kayu sangat tipis tentu akan mudah patah. Untuk itu telaah dulu tebal dari lantai kayu tersebut. Biasanya tebal dari parket ini 1,5 cm. Jangan sampai karena tertarik dengan motif yang ditawarkan Anda menjadi tidak focus dengan ketebalan dari parket kayu tersebut. Pilihlah parket dengan ketebalan paling baik, dengan begitu lantai parket Anda semakin tahan lama.

Legalitas perusahaan

Saat ini banyak sekali terjadi pencurian kayu. Tidak jarang bila tumbuhan yang ada di hutan semakin sedikit dan berkurang. Jika Anda memang berniat membeli parket kayu, cobalah cari referensi terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut legal atau tidak. Ini untuk mengurangi adanya pencurian kayu yang terjadi akhir-akhir ini. Cobalah minta penjelasan dari perusahaan penjual parquet tersebut apakan mempunyai green sertifikat atau tidak. Jika punya berarti kayu yang digunakan tersebut bukan hasil pencurian. Jika itu terbukti perusahaan illegal, lebih baik urungkan diri Anda untuk membeli parquet tersebut. Apabila Anda tetap ingin membeli produk ilegal, berarti Anda sama saja mendukung adanya pencurian kayu dimana ini sangat merugikan devisa Negara.

Advertisements