Infoproperti.com – Sadarkah Anda berapa biaya listrik rumah yang Anda keluarkan tiap bulannya? Masih normal atau selalu naik? Jika sudah begini, tentu akan membuat pengeluaran bulanan Anda semakin membengkak saja. Namun sadarkah Anda, jika ini terjadi karena kebiasaan Anda. Apa saja?

Tidur dengan keadaan lampu menyala

Kebiasaan yang masih sering dilakukan kebanyakan masyarakat ialah membiarkan lampu tetap menyala meskipun pemilik rumah sudah tertidur lelap. Namun tahukan Anda apabila kebiasaan tersebut sangat memakan banyak pemakaian listrik di rumah. Bukan hanya itu menyalakan listrik dalam ketika tidur juga dapat berdampak buruk terhadap kesehatan yaitu kanker payudara dan juga prostat. Hal ini disebabkan karena hormon melatonin atau hormon kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Hormon inilah yang berfungsi untuk menangkal dan membasmi adanya kanker dalam tubuh. Hormon ini dapat bekerja dengan baik ketika lampu di rumah sudah dalam keadaan mati.

Sering lupa mematikan peralatan elektronik

Dalam sebuah rumah tidak bisa dilepaskan dari yang namanya peralatan elektronik, entah itu tv, frezzer, oven atau pun pendingin ruangan seperti ac dan juga kipas angin. Kebiasaan yang sering dilakukan ialah lupa mematikan pendingin rungan dan juga tv pergi ketika meninggalkan ruangan, hal ini lah yang tanpa disadari membuat biaya listrik Anda tiap bulannya selalu naik. Bagi Anda yang sering melakukan hal tersebut. Alangkah lebih baiknya mulai sekarang untuk menggunakan timer pada peralatan elektronik tersebut, hal ini berguna agar ketika meninggalkan ruangan peralatan tersebut sudah dalam keadaan mati atau off.

Terlalu lama menyalakan pompa air

Gemar berlama-lama di kamar mandi merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sebaiknya mulai di kurangi. Tidak hanya terlalu banyak memakan konsumsi listrik namun juga pemborosan air. Maka dari itu, penting sekali untuk mendisiplinkan kebiasaan buruk Anda tersebut.

Advertisements