Infoproperti.com – Rumah merupakan tempat berteduh dan juga beristirahat, tidak heran apabila desain rumah sangat menentukan kenyamanan dan juga keselamatan dari para penghuninya. Bagi Anda yang tinggal bersama orang yang sudah lanjut usia tentu tidak boleh mendesain rumah sembarangan, mengingat pada saat seperti ini lansia sudah mengalami banyak sekali perubahan seperti menurunnya masalah penglihatan dan juga pendengaran, pikun , osteoporosis dan juga masalah yang sering dihadapi para lansia lainnya. Ini tentu perlu banyak pertimbangan dalam mendesain rumah yang aman dan nyaman untuk para lansia.

Furniture

Di dalam rumah tanpa adanya furniture tentu akan terasa hampa, namun karena Anda tidak tinggal sendirian melainkan bersama kedua orang tua Anda yang sudah lansia. Pastikan untuk memilih futniture yang sekiranya aman dan nyaman untuk para lansia. Karena tulang mereka yang sudah sangat rawan sekali terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan benturan, akan lebih baik untuk memilih furniture yang aman seperti dari bahan plastik atau yang tidak memiliki ujung runcing.

Warna

Menurunnya penglihatan inilah tidak jarang membuat para lansia mengalami salah mengambil barang atau pun sebaliknya, pada saat memasuki usia tersebut memang banyak sekali masalah yang dihadapi lansia terlebih dalam hal penglihatan, agar para lansia dapat mengenali benda yang ada di rumah pastikan untuk memilihkan warna furniture dengan warna cerah, biasanya para lansia akan lebih mudah mengenali warna-warna cerah ketimbang pastel atau lembut.

Pegangan

Tidak hanya rawan untuk lansia, kamar mandi juga sangat rawan sekali untuk anak-anak. Agar lansia dan anak tidak terpeleset atau terbentur ketika berada di kamar mandi, pastikan untuk memberikan pegangan di dalam kamar mandi. Menurunnya tingkat kekuatan pada tulang lansia sangat memudahkan sekali mereka jatuh dan terpeleset, dengan adanya pegangan ini dapat digunakan lansia berpegangan ketika di kamar mandi. Akan sangat lebih baik lagi apabila Anda memberikan tempat duduk di dalam kamar mandi Anda dengan begitu ketika sudah merasa lelah berdiri mereka dapat mandi dengan duduk. Pastikan pilihlah tempat duduk yang menyatu dengan dinding dengan begitu dapat menghindari para lansia terjatuh ketika mandi akibat bangku yang digunakan tergeser.

Lantai rumah

Karena Anda tinggal bersama orang yang sudah lanjut usia , pastikan untuk memilih lantai rumah yang tidak bersifat licin. Penggunaan lantai kayu mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Karena sifat kayu yang tidak licin ini sangat bagus untuk menghindari terjadinya terpeleset pada lansia.

Advertisements