Infoproperti.com – Berapa besar tagihan listrik Anda setiap bulan? Semakin naik atau semakin turun? Coba cek kembali berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk membayar tagihan listrik di rumah. Apabila anda merasa boros membayar tagihan, saat ini sudah saatnya untuk melakukan penghematan energi salah satunya ialah menghemat pemakaian lemari pendingin di rumah.

Pastikan pintu kulkas tertutup rapat

Saat Anda selesai mengambil makanan di kulkas, pastikan untuk tidak meninggalkan kulkas dalam keadaan pintu tidak rapat. Mengapa? Apabila pintu kulkas tidak terlalu rapat, hal ini menyebabkan udara luar dapat masuk ke dalam kulkas dan mengakibatkan kulkas harus bekerja lebih berat untuk mendinginkan bahan makanan.

Hindari meletakkan makanan panas

Kebiasaan yang sering dilakukan sebagian orang ialah memasukkan makanan panas kedalam kulkas. Fungsi kulkas memang untuk mendinginkan makanan, namun bukan berarti anda dapat memasukkan makanan dalam keadaan panas langsung kedalam kulkas, semakin besar kerja mesin untuk mendinginkan makanan, semakin banyak pula tagihan yang mesti anda bayar.

Jangan meletakkan kulkas terlalu dekat dengan dinding

Kurangnya ventilasi di mesin kulkas dapat membuatnya cepat panas. Hal ini menandakan apabila kerja mesin kulkas di rumah anda sangat keras sehingga menyebabkannya cepat panas, maka dari itu pastikan untuk menjaga sirkulasi udara mesin kulkas dan tidak meletakkannya terlalu dekat dengan dinding.

Rutin membersihkan kulkas

Karena banyaknya makanan yang sering dimasukkan kedalam kulkas, hal ini menimbulkan semakin banyak bakteri yang menempel di dalam kulkas anda. Untuk membuat kerja mesin kulkas di rumah anda semakin ringan, pastikan untuk selalu rutin membersihkan kulkas di rumah.

Advertisements