Infoproperti.com – Membaca memiliki banyak sekali manfaat salah satunya ialah menambah pengetahuan. Bagi yang hobi membaca, memiliki ruang baca sendiri di rumah tentu akan sangat mengasyikkan. Ketika Anda ingin menghadirkan ruang baca di rumah tidak harus menggunakan lahan yang luas. Lahan sisa pun juga dapat Anda ubah menjadi ruang membaca di rumah. Dibawah ini ada tips untuk menghadirkan ruangan membaca yang nyaman.

Pencahayaan

Saat membaca buku, pencahayaan memiliki peranan terpenting. Tanpa adanya cahaya tentu akan menghambat proses membaca buku. Oleh karena itu, selalu perhatikan pencahayaan di dalam ruang membaca Anda. Kurang pencahayaan dapat menimbulkan masalah terhadap kesehatan mata Anda. Anda dapat memanfaatkan sinar alami dari matahari, dengan begitu penghematan energi rumah dapat dilakukan.

Tempat duduk

Setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda ketika membaca. Ada yang lebih suka membaca dengan duduk, namun ada pula yang lebih nyaman dengan tiduran. Untuk itu, pastikan untuk memilih tempat duduk yang kiranya dapat membuat nyaman Anda ketika membaca koleksi buku Anda. Pemilihan kursi sofa mungkin pilihan tepat bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di ruang baca.

Rak buku

Untuk lebih memudahkan dalam mencari koleksi buku yang ingin Anda baca perlu adanya rak. Dengan rak ini buku Anda akan lebih tertata rapi. Tidak perlu memilih rak dengan ukuran besar, yang penting dapat menampung semua koleksi buku Anda.

Letak ruangan

Membaca memerlukan konsentrasi, hal ini dapat diwujudkan dengan adanya ruangan yang tenang dan bebas dari kebisingan. Untuk membuat Anda merasa nyaman menghabiskan waktu membaca Anda, pastikan untuk tidak menempatkan ruangan dekat dengan jalan. Ini berguna untuk mengurangi tingkat kebisingan dari ruang baca Anda. Tentu Anda tidak mau bukan, terganggu dengan suara bising ketika sedang membaca buku?

Selamat mencoba!!

Advertisements