Infoproperti.com – Saat ini semakin banyak saja masyarakat yang lebih memilih tinggal di apartemen di bandingkan perumahan, hal ini tidak lain dikarenakan semakin sempitnya lahan yang tersedia, terlebih di kota besar seperti Jakarta. Namun karena terbatasnya luas ruangan apartemen, terkadang membuat para penghuni merasa susah dalam meletakkan atau mendesain ruangannya tidak terkecuali daerah dapur.

Dapur memiliki fungsi penting dalam sebuah rumah, bahkan dari banyaknya bagian dari rumah, di dapurlah para penghuni biasanya menghabiskan banyak waktu bersama anggota keluarga, seperti masak atau menyantap makanan bersama. Nah bagi anda yang tinggal di apartemen, begini cara mendesain dapur agar tidak tampak semakin sempit.

Hilangkan pembatas

kitchen-decoration-wallpaper-listed

Dengan lahan yang semakin kecil dan sempit adanya pembatas tentu akan membuat ruangan tampak semakin sempit, bagi anda yang ingin menghadirkan dapur dalam apartemen anda, akan lebih baik untuk membuang pembatas ruangan agar dapur tidak tampak sesak dan pengap. Anda dapat menyatukan ruang makan dengan dapur, dengan begitu tidak terlalu memerlukan banyak lahan.

Perhatikan ventilasi

retro-white-spacious-kitchen-design

Di lahan yang sempit, adanya ventilasi merupakan suatu kewajiban. Ini berguna agar dapur tidak semakin pengap dan bau dengan masakan. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan ventilasi dari ruangan anda itu sendiri. Pastikan di dekat dapur anda terdapat bukaan atau jendela agar pertukaran udara dapat berjalan dengan baik.

Dapur single line

diy-design-ideas-for-top-interior-design-trends-2015-with-interior-design-trends-2015-today-people-buy-home-get-its

Di lahan yang sempit tentu tidak memungkinkan untuk membuat dapur bentuk U, sebagai gantinya anda dapat membuat dapur dengan bentuk tegak lurus atau single line. Dapur model ini tidak membutuhkan banyak lahan sehingga sangat cocok diletakkan di apartemen Anda. Namun kekurangan dari dapur ini ialah Anda tidak dapat memisahkan antara dapur kering dan juga basah.

Advertisements