Infoproperti.com – Ketika tidak memiliki uang tunai yang cukup untuk membeli rumah, biasanya para konsumen menggunakan jasa kredit atau KPR. Kredit tersebut memang sangat membanntu para konsumen untuk dapat memiliki rumah tanpa menyiapkan uang secara tunai. Namun dalam mengajukan KPR tidak mudah, pasalnya waktu cicilan yang diberikan terbilang sangat lama. Dimana semakin lama waktu cicilan yang diambil, bunganya pun juga semakin banyak. Untuk itu, perhatikan dahulu keuangan Anda.

Karena memilih jasa kredit, salah satu hal yang harus diperhatikan ialah keuangan Anda. Bagaimana tidak, Anda harus melunasi cicilan setiap bulannya. Untuk itu pastikan untuk mengetahui pendapatan Anda tersebut, jika dirasa pendapatan Anda tidak cukup untuk mengambil tenor selama 5 tahun, tidak ada salahnya untuk mengambil cicilan jangka panjang. Maksimal pembayaran cicilan selama 15 tahun.

Selain itu, perhatikan pula suku bunga yang diberikan. Suku bunga setiap bank berbeda-beda. Ada yang memberikan bunga tinggi maupun rendah. untuk itu pastikan dulu dimana bank yang memiliki suku bunga rendah. Saat ini bank yang memiliki bunga rendah ialah bank BTN. Bank BTN menurunkan suku bunganya dari 5 persen menjadi satu persen. Namun biasanya ada pula bank yang menentukan suku bunga berdasarkan keadaan perekonomian nasional. Jika perekonomian sedang stabil, biasanya ada pihak bank yang memberlakukan bunga tetap pada tahun pertama, setelah itu suku bunga ditetapkan berdasarkan keadaan perekonomian nasional. Namun jika dirasa masih keberatan dengan suku bunga yang ditetapkan, tidak ada salahnya untuk mengajukan KPR di bank syariah. Biasanya bank syariah memiliki system bunga tetap, sehingga waktu cicilan Anda pun juga dapat lebih cepat.

Advertisements