Infoproperti.com – Salah satu ruang yang mempunyai peranan paling penting dalam sebuah rumah ialah dapur. Ketika melihat dapur di rumah Anda terlihat berantakan, tentu akan membuat kegiatan memasak menjadi terganggu. Agar dapur tidak berantakan, berikut solusi untuk Anda.

Rapikan isi cabinet

Penggunaan kitchen set di dapur merupakan salah satu hal yang wajar. Agar dapur terlihat lebih rapi, cobalah untuk melihat kembali barang-barang yang ada di dalam kabinet Anda. Keluarkan semua barang di dalam kabinet, dan mulailah untuk merapikannya. Untuk memudahkan Anda ketika mencari barang yang Anda butuhkan, cobalah untuk menatanya berdasarkan kategori.

Singkirkan barang tak terpakai

Agar dapur di rumah selalu dalam keadaan rapi, segera singkirkan barang-barang yang sekiranya sudah tidak Anda butuhkan lagi di dapur. Begitu pula dengan makanan, apabila terdapat bahan makanan yang dirasa sudah kadaluwarsa, segeralah untuk membuangnya. Kebiasaan menaruh barang yang tidak terlalu dibutuhkan, dapat membuat dapur terasa semakin sempit dan berantakan.

Manfaatkan toples di rumah

Mulai sekarang sebaiknya letakkan bumbu dapur Anda di dalam toples, dari pada membiarkannya tetap di dalam bungkus kemasan. Dengan begitu bumbu masakan Anda tidak akan tumpah ke meja maupun lantai. Sangat mudah bukan, untuk membuat dapur Anda rapi?

Jangan letakkan semua peralatan di meja dapur

Kebanyakan orang sangat gemar sekali meletakkan semua peralatan di meja dapur. Namun tahukan Anda apabila kegiatan tersebut justru akan membuat dapur tampak berantakan dan tidak rapi. Pastikan meja dapur Anda hanya digunakan untuk barang penting seperti oven, belnder, maupun coffee maker. Benda-benda seperti sendok maupun garpu, letakkan saja di meja makan. Sisanya dapat diletakkan di cabinet dalam kitchen set Anda.

Budayakan untuk disiplin

Salah satu factor terpenting untuk menjaga kerapian dapur di rumah, ialah kedisiplinan Anda sebagai pemilik rumah. Jika Anda ingin dapur di rumah tampak rapi, cobalah mulai sekarang untuk mendisiplinkan diri Anda dengan selalu mengembalikan barang ketempatnya setelah selesai menggunakan. Entah itu piring, pisau maupun sendok. Dengan membiasakan diri untuk disiplin, sudah dapat dipastikan jika dapur di rumah Anda akan terlihat lebih rapi dari sebelumnya.

Advertisements