Biaya Renovasi Atap Plafon Gypsum, Gambar Plafon Gypsum Minimalis, gambar 2

Infoproperti.com – Musim penghujan sudah tiba. Tidak hanya bersiap-siap untuk menghadapi datangnya banjir, anda pun juga harus memperhatikan kondisi dari atap rumah anda. Seperti yang Anda tahu atap memiliki peranan untuk menghalau sinar matahari dan juga hujan masuk ke dalam rumah. Namun apa jadinya apabila terjadi kebocoran pada atap rumah anda? Tentu akan sangat merepotkan bukan? Nah, mumpung terlanjur terjadi kebocoran, yuk melakukan pencegahan lebih awal.

Periksa atap secara berkala

Melakukan pemeriksaan rutin terhadap atap di rumah anda merupakan salah satu kegiatan penting yang mesti Anda kerjakan. Setidaknya pastika untuk melakukan pengecekan dua bulan sekali. Dengan rutin melakukan pemeriksaan dapat memudahkan anda dalam mengetahui setiap kerusakan yang terjadi pada atap rumah Anda.

Hilangkan kebiasaan menunda pekerjaan

Ketika ada genting yang pecah atau retak terkadang banyak masyarakat yang menunda untuk mengganti gentingnya. Jika tidak ingin rumah anda bocor saat musim hujan, cobalah untuk segera mengganti genting yang rusak dengan yang baru. Apabila anda menginginkan genting rumah yang awet dan tidak mudah bocor, akan lebih baik untuk memilih genting keramik dibandingkan genting tanah liat. Karena genting keramik lebih bersifat kedap air, sehingga mengurangi resiko kebocoran pada atap rumah anda.

Lapisan waterproof

Untuk menghindari kebocoran pada atap rumah anda saat musim hujan, Anda juga dapat menambahkan lapisan anti bocor atau waterproof pada atap atau dak beton rumah anda. Perhatikan pula bagian plafon rumah anda. Plafon yang lembab akibat terlalu sering terkena guyuran air hujan dapat membuatnya mudah rusak dan lapuk. Maka dari itu segera ganti plafon di rumah anda. Tidak hanya itu cobalah untuk periksa sudut antara tembok dan juga atap, karena di daerah itu sering terjadi kebocoran.

Periksa talang air

Jika di rumah anda terdapat talang air, lakukan pula pengecekan secara rutin. Lihatlah apakah ada kotoran yang menyumbat talang atau tidak. Apabila talang anda tersumbat atau mengalami masalah cobalah untuk segera menggantinya sebelum rumah anda mengalami kebocoran.

Advertisements