弘前城と桜 (Hirosaki Castle and cherry blossoms)

Infoproperti.com – Jika di Indonesia tradisi perayaan tahun baru dirayakan dengan pesta kembang api yang mewah dan juga berkumpul bersama keluarga di rumah, lalu bagimana dengan perayaan tahun baru di negara Jepang? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Perayaan tahun baru (Shogatsu) di Jepang di lakukan mulai tanggal 1 hingga 3 januari. Tanggal 1 januari disebut ganjitsu (hari pertama) sedangkan tanggal 1 pagi hari disebut gantan (pagi pertama). Biasanya kegiatan menyambut tahun baru di Jepang sudah di mulai sejak dua atau tiga minggu sebelum datangnya pergantian tahun. Tepat pada malam tahun baru tepatnya tanggal 31 desember, biasanya orang Jepang mempunyai tradisi yaitu memakan soba yang disebut toshikoshi soba (soba melewatkan tahun). Soba adalah salah satu jenis mie dari Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda. Soba juga bisa dibilang sebagai mi telur dari cina yang dimasak menjadi ramen. Mi soba ini melambangkan harapan untuk panjang umur. Tidak hanya soba, ada juga salah satu masakan istimewa yang dimakan pada saat tahun baru yaitu osechi. Biasanya beberapa minggu sebelum tahun baru toko swalayan besar telah membuka pemesanan untuk osechi.

Di Jepang penutupan perayaan tahun baru akan ditandai dengan memakan bubur nanakusa yang dimasak dengan 7 jenis sayuran dan juga rumbut. Biasanya bubur ini akan dimakan pada tanggal 7 januari agar perut bisa beristirahat setelah dipenuhi dengan makanan tahun baru.

Menjelang pukul 12 malam tepatnya saat memasuki pergantian tahun, genta atau lonceng yang berada di berbagai kuil agama buddha akan dibunyikan. Genta akan dibunyikan sebanyak 108 kali, sebagai lambang 108 jenis nafsu jahat manusia yang harus dihalau. Pada hari pertama di tahun yang baru, biasanya akan dilakukan dengan kunjungan pertama ke kuil agama shinto dan buddha. Doa yang disampaikan biasanya berupa harapan agar sehat dan selamat sepanjang tahun. Tidak hanya itu orang jepang juga memiliki tradisi unik yaitu berkirim kartu pos nengajo (Ucapan tahun baru) kepada sahabat, keluarga dekat atau pun relasi. Berikut ini ada beberapa ucapan yang sering dikirimkan untuk kartu pos.

Kotoshi mo yoroshiku onegai shimasu (今年もよろしくお願いします)

Akemashite omedetō gozaimasu (あけましておめでとうございます, Selamat tahun baru)

Kin-ga shinnen (謹賀新年, Mengucapkan tahun baru)

Akemashite Omedetou Gozaimasu! (あけましておめでとうございます!, Selamat Tahun Baru!)

Kotoshi mo Yoroshiku Onegaishimasu. ( 今年も宜しくお願いします, Tahun ini juga tolong kerja samanya ya!)

Sungguh menarik bukan, tradisi tahun baru masyarakat Jepang?

Happy new year 2016!!

 

Sumber : wikipedia, kompasiana

Advertisements