house-of-bottles-by-ridwan-kamil-01

Infoproperti.com – Siapa sih yang tidak kenal sama Bapak walikota Bandung yang satu ini, ya siapa lagi kalau bukan Ridwal Kamil? Tahukah kamu sebelum menjabat sebagai walikota Bandung, Ridwal kamil adalah seorang arsitektur lho. Ya, Ridwan kamil merupakan lulusan University of California, Berkeley. Salah satu karya uniknya ialah rumah botol yang terletak di Jalan Cigadung selatan, Nomor VII/A28, Bandung, Jawa barat.

Rumah yang baru selesai pembangunannya pada tahun 2007 silam ini menggunakan sekitar 30.000 botol bekas. Rumah botol tersebut di desain dengan memiliki dua sayap yaitu sayap depan dan juga sayap belakang. Dimana bagian tengah rumah terdapat sebuah taman. Dengan desain rumah seperti inilah diharapkan sinar matahari akan lebih banyak masuk ke dalam rumah, sehingga dapat mengurangi penggunaan lampu. Namun meskipun demikian tidak membuat ruangan di dalam rumah tampak panas, karena radiasi panas dari sinar matahari terperangkap di dalam botol-botol yang dijadikan sebagai dinding rumah tersebut. Dengan adanya tambahan dua sayap tersebut juga membuat udara yang masuk ke dalam rumah lebih banyak. Dengan begitu tidak hanya dapat menghemat pemakaian lampu namun juga pendingin ruangan.

Sungguh ramah lingkungan sekali bukan, rumah dari bapak walikota yang satu ini? Tidak heran apabila atas idenya tersebut pula lah ia mendapatkan penghargaan Green Design Award dari Asia Building Construction Information (BCI).

 

Advertisements