Gaya Rumah Idaman - serbaserbiallartikel blogspot

Infoproperti.com – Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki semua orang. Bukan hanya berguna untuk beristirahat dan berteduh dari panas hujan, rumah juga dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang. Tidak heran apabila saat ini permintaan sebuah rumah semakin meningkat seiring berjalannya waktu, terlebih bagi kalangan menengah. Lantas lebih baik manakah antara menyewa dan membeli rumah?

Bagi para perantau memiliki hunian sementara memang sangat dibutuhkan terlebih lagi jika hanya sebagai pegawai kontrak, namun apa jadinya jika gaji yang diterima masih belum cukup untuk membeli rumah? Tentunya langkah terbaik untuk memiliki tempat tinggal ialah dengan menyewa. Namun sebelum berniat untuk membeli atau menyewa rumah, alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

Kebutuhan

Mengingat Anda sebagai pegawai kontrak, mungkin hanya butuh beberapa tahun saja untuk menempati rumah tersebut. Tentunya akan lebih baik apabila Anda menyewa sebuah rumah daripada membelinya. Namun jika digunakan untuk investasi, lebih baik membeli karena keuntungan yang akan diterima sebesar 2x lipat, ketika Anda berniat membeli sebuah rumah. Terlebih lagi jika lokasi rumah tersebut berada di daerah elit seperti Menteng, Kebayoran Baru, maupun Kuningan. Terlebih lagi apabila rumah tersebut dekat dari kantor, fasilitas perbelanjaan serta rumah sakit. Ini akan memberikan keuntungan yang besar kepada Anda nantinya.

Perhatikan keuntungan dan kelemahan

Entah itu menyewa atau membeli sebuah rumah, pasti ada keuntungan dan kelemahannya masing-masing. Jika memutuskan menyewa, keuntungan yang akan didapat ialah penyewa tidak perlu lagi membayar pajak, tagihan listrik, air dan juga biaya perbaikan. Berbeda dengan membeli rumah, dimana Anda harus menanggungnya sendiri.

Kelemahan dari menyewa rumah ialah uang yang Anda bayarkan akan terbuang percuma hanya digunakan untuk membayar sewa rumah. Sedangkan, jika membeli rumah biaya cicilan yang telah dikeluarkan, nantinya akan memberi keuntungan. Karena rumah tersebut akan menjadi milik Anda.

Melakukan perbandingan

Dalam melakukan pembelian atau menyewa sangat penting dilakukan perbandingan. Nantinya perbandingan ini dapat memberi keputusan Anda, apakah harus membeli atau menyewa saja. Bandingkanlah harga rumah sewa dan dijual di lokasi yang sama. Dengan begitu akan didapatkan hasil akhir dari rasio atau perbandingan tersebut. Apabila hasil rasio dari perbandingan tersebut antara 10-14, itu menunjukan bahwa Anda akan lebih baik jika membeli rumah. Namun bila diatas 20 akan sangat lebih baik untuk menyewa rumah.

Sudah bisa memutuskan untuk menyewa atau membeli rumah?

Advertisements