biopori-33

Infoproperti.com – Biopori atau sumur resapan air ialah suatu metode resapan air yang digunakan untuk meningkatkan daya resap air pada tanah. Banyak sekali manfaat dari adanya lubang biopori tersebut. Lantas apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mempercepat penyerapan air

Banjir merupakan bencana yang tidak bisa dilepaskan dari Indonesia. Setiap tahun pasti ada saja air yang menggenangi beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya ialah Jakarta. Musibah yang satu selalu menjadi masalah besar bagi masyarakat. Bagaimana tidak, akibat banjir tersebut aktivitas harian masyarakat menjadi terganggu. Meskipun pembuatan tanggul sudah dilakukan pemerintah, namun hasilnya pun nihil, banjir tetap saja menggenangi Jakarta. Nah, salah satu cara agar banjir tidak terlalu lama menggenangi rumah dan juga jalan di sekitar, Anda perlu adanya lubang biopori. Hadirnya lubang biopori di rumah, dapat membuat air banjir terserap tanah lebih cepat. Sehingga genangan air pun lebih cepat surut. Oleh karenanya penting sekali adanya lubang biopori ini disetiap rumah atau pun perkantoran.

Tempat pembuatan kompos

Adanya lubang biopori ini tidak hanya dapat digunakan untuk mempercepat penyerapan air, namun juga berguna sebagai tempat pembuatan kompos organik. Dalam lubang biopori tersebut, masukkan pula sampah organik yang terdapat di rumah anda, seperti bekas sayuran, buah dan juga daun-daun yang berserakan akibat tanaman yang ada di pekarangan rumah anda. Sampah organik ini berguna sebagai bahan makanan bagi organisme di dalam tanah. Organisme tersebut akan melakukan proses penguraian terhadap sampah yang akhirnya menjadikannya kompos. Kompos ini nantinya dapat anda gunakan untuk pupuk tanaman di rumah Anda.

Meningkatkan kesehatan tanah

Adanya lubang biopori tidak hanya dapat dijadikan sebagai resapan air, namun juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tanah. Organisme yang berada dalam tanah dapat membuat sampah organik menjadi mineral. Ini lah yang mengakibatkan tanah menjadi lebih sehat.

Pencegahan demam berdarah

Salah satu hal yang membuat nyamuk datang ke lingkungan rumah dikarenakan terdapat air yang menggenang. Disinilah peran lubang biopori semakin terlihat. Penyebab nyamuk datang dan bersarang di rumah dikarenakan terdapatnya genagan air. Dengan adanya lubang biopori ini genangan air yang terdapat di sekitar rumah dapat terserap lebih cepat sehingga nyamuk penyebab demam bedarah tidak akan masuk ke lingkungan rumah anda.

 

Advertisements