Makkah-Museum_Mossessian-Architecture_dezeen_936_3

Infoproperti.com – Negara Arab saudi akan segera membangun museum Makkah yang didedikasikan untuk seluruh umat muslim yang ada di seluruh dunia. Museum tersebut rencananya akan dibangun tidak jauh dari Masjidil haram yang tidak lain adalah lokasi ka’bah berada yaitu sekitar tujuh kilometer. Museum makkah tersebut akan di desain oleh sebuah firma arsitektur yang bertempat di London, yaitu Mossessian Architecture karena telah memanangkan kompetisi untuk mendesain gedung yang bersejarah bagi umat Islam di seluruh dunia tersebut. Rencananya Mossessian akan bekerja sama dengan Studio Adeline Rispal untuk membangun museum makkah.

Di bangunan tersebut akan mencakup galeri dengan luas 5600 meter persegi yang akan digunakan untuk memamerkan segala hal yang berkaitan dengan islam, seperti sejarah dan juga kehidupan Nabi Muhammad untuk meningkatkan pemahaman tentang agama islam. Tidak hanya itu akan ada pula reception area, toko buku, auditorium, tempat mengajar, roof garden dan juga restoran.

Untuk masalah desain bangunan, studio rispal mendesainnya central void didalam bangunan seperti layaknya “menara visual”. Tangganya akan dibentuk spiral dengan hiasan asmaul husna atau 99 nama allah di bagian bawahnya sehingga terlihat dari lantai dasar. Sementara di bagian atas gedung, pengunjung dapat menikmati taman yang didesain agar tetap bisa dikunjungi di setiap musim, terlebih musim panas. Nah, bagian dinding luar museum tersebut, nantinya akan dihiasi dengan gabungan batu yang bersumber dari setiap Negara di dunia yang mengamalkan agama islam. Sementara batu Hujaz dari pegunungan sekitar Makkah akan digunakan untuk interior bangunan.

Menurut pernyataan dari Mossessian, “Makkah museum ini nantinya akan menawarkan interprestasi yang unik dan akan menjadi refleksi iman kepada jutaan umat muslim di seluruh dunia yang berkunjung ke Makkah.”

Sudah siap menyambut hadirnya bangunan indah tersebut?

 

Sumber : Majalah Asri, Dezzen Magazine

Advertisements