fenomena-langka-lima-planet-akan-sejajar-hari-ini-rB0IfwTFP5

Infoproperti.com – Seperti yang dikutip dari beberapa situs, penduduk bumi akan menyaksikan pemandangan langka di langit dimana 5 planet akan berada pada garis lurus yang membentang dari utara hingga timur, pada tanggal 20 Januari sampai 20 Februari 2016.

Dimana kelima planet tersebut adalah planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan juga Saturnus. Untuk planet Jupiter, Venus, Mars dan juga Saturnus telah berada di langit sejak awal tahun 2016. Untuk planet Jupiter terlihat di utara di ikuti oleh Saturnus dan terakhir oleh Venus di atas ufuk timur. Sedangkan planet Merkurius baru saja beralih dari malam ke pagi hari. Pada awalnya Merkurius akan muncul cukup rendah ke langit timur dan semua planet akan terlihat samar. Akan tetapi Merkurius akan berada lebih tinggi setiap pagi dan pada Februari akan berada tepat di bawah Venus. Dimana pada tanggal 28 Januari nanti bulan akan berada tepat di sebelah Jupiter. Tanggal 1 Februari bulan akan berdampingan dengan mars, kemudian bulan berada di bawah planet merah tersebut. Untuk tanggal 4 Februari bulan sabit akan berada dekat Saturnus dan yang terkhir pada tanggal 7 Februari bulan akan terlihat berada di bawah Merkurius.

Nah bagi anda yang ingin menyaksikan fenomena langka ini, menurut Dr Alan Duffy, peneliti di Swinburne University, Melbourne, Anda dianjurkan untuk berada di tempat terbuka yang jauh dari gedung-gedung tinggi dan juga pepohonan. Tidak hanya itu pastikan juga untuk menjauhi lampu yang menyilaukan mata, agar tcahaya tiap planet tidak terhalang oleh polusi cahaya dari lampuAtau anda juga bisa menyaksikannya dari balkon rumah anda lho. Nah apabila anda berada di Singapore anda bisa menikmatinya di East coast park. Jika Anda dapat menemukan salah satu dari planet-planet tersebut, Anda cukup meluruskan tangan Anda ke arah bulan sehingga planet-planet itu akan terlihat sejajar di tangan Anda. Nah, waktu terbaik untuk melihat fenomena ini ialah pada waktu subuh yaitu sekitar 90-75 menit sebelum matahari terbit. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat salah satu bintang paling terang, yakni Antares (bintang di jantung gugusan bintang Scorpio) dan Spica. Antares ada di dekat Saturnus, sementara Spica ada di dekat Mars.

Nah, jika anda tidak sempat menyaksikan fenomena alam yang langka ini, anda tidak perlu merasa sedih karena menurut Dr Tanya Hill, kurator senior di Melbourne Planetarium, Anda dapat melihatnya lagi pada Agustus 2016 serta Oktober 2018.

Advertisements