beautiful-home-exterior-design-ideas-1

Infoproperti.com – Musim hujan telah tiba. Nah, bagi kalian yang tinggal di daerah Jakarta, tentu sudah tidak asing bukan dengan musibah banjir? Bahkan banjir selalu menggenangi wilayah Jakarta setiap tahunnya. Lalu bagaimana jika anda tinggal di daerah yang rawan banjir. Anda tidak perlu merasa khawatir berikut ini infoproperti beri tips agar banjir tidak masuk ke dalam rumah anda.

Buat rumah lebih tinggi dari jalan

Untuk menghindari air masuk ke dalam rumah, salah satu cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan membuat rumah lebih tinggi dari pada jalan raya. Dengan begitu ketika banjir melanda Anda tidak perlu merasa khawatir rumah tergenang air.

Letakkan aliran listrik lebih tinggi

Jika biasanya anda suka meletakkan stop kontak atau aliran listrik di tempat yang rendah, bagi anda yang tinggal di daerah yang rawan banjir, sebaiknya untuk meletakkannya di tempat yang lebih tinggi. Hal ini untuk antisipasi agar tidak tersengat aliran listrik dan juga konslet.

Jangan banyak membeli barang

Karena Anda tinggal di daerah rawan banjir, sangat tidak memungkinkan untuk memasukkan terlalu banyak barang di dalam rumah. Mengapa demikian? Karena dengan banyaknya barang di dalam rumah, tentu akan membuat Anda merasa kesulitan memindahkan barang ketika banjir melanda. Pastikan pula untuk membeli barang yang tahan dari air. Dengan begitu kerugian akibat banjir dapat dikurangi.

Perbanyak sumur resapan (Biopori)

Biopori ialah suatu metode resapan air yang ditujukan untuk meningkatkan daya resap air pada tanah. Dengan adanya biopori dapat memperluas bidang penyerapan air dan juga meningkatkan kesehatan tanah. Air banjir yang menggenang sulit sekali surut karena penyerapan airnya sangat pelan, maka dari itu dengan adanya biopori ini dapat membuat resapan air banjir lebih lancar.

 

Baca juga : Pentingnya lubang biopori di rumah

Advertisements