real estate

Infoproperti.comRumah merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi semua masyarakat. Terlebih bagi yang sudah memiliki keluarga. Dengan perkembangan yang semakin maju, memiliki sebuah rumah impian merupakan suatu hal yang tidak mustahil lagi untuk dilakukan. Terlebih dengan adanya kredit kepemilikan rumah yang disediakan oleh lembaga keuangan. Namun dalam mengajukan KPR tidak lah mudah. Apabila persyaratan yang ditetapkan pihak bank tidak terpenuhi. Bisa saja akan terjadi penolakan dalam mengajukan KPR. Agar tidak mengalami hal tersebut, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba, agar pengajuan KPR Anda tidak ditolak.

Memiliki penghasilan

Salah satu syarat ketika ingin mengajukan KPR ialah memiliki penghasilan. Dengan penghasilan ini dapat menyakinkan pihak bank jika Anda dapat melakukan pelunasan terhadap kredit perumahan yang Anda ambil. Mengingat cicilan KPR diambil 30% dari penghasilan Anda.

Tidak masuk daftar BLBI

Dalam mengajukan KPR, tidaklah mudah. Karena pihak bank mengetahui arus kas dari rekening Anda. Untuk itu pastikan Anda tidak masuk dalam Black List Bank Indonesia. Jika dulu Anda pernah kredit dan mengalami kesulitan dalam pembayaran selama dua bulan sudah dipastikan Anda masuk dalam black list bank Indonesia. Jangan salah, sebelum menyetujui pengajuan KPR Anda, biasanya pihak bank akan melakukan pengecekan terhadap rekening Anda. Maka dari itu, pastikan Anda memperbaiki kredit Anda sebelum mengajukan KPR.

Hindari mengajukan KPR pada akhir tahun

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui mengenai hal berikut ini. Jika Anda ingin pengajuan KPR Anda disetujui oleh bank, hindari mengajukan KPR pada akhir tahun yaitu pada bulan Desember. Pada saat itu biasanya pihak bank akan disibukkan untuk penutupan buku.

Pemilihan waktu yang tepat

Agar KPR yang Anda ajukan dapat segera diterima, langkah yang dapat Anda ambil ialah dengan mengajukan KPR pada minggu ke tiga dan juga keempat. Biasanya pada akhir bulan tersebut, pihak bank sedang mengejar target. Dengan begitu, ketika Anda mengajukan KPR pada waktu tersebut, sudah dapat dipastikan jika KPR Anda bakal diterima.

Advertisements