rainwater harvestng 2

Infoproperti.com – Seperti yang anda tahu, lebih dari 70% lapisan di bumi ditutupi oleh air. Namun hanya 3% dari bagian itu yang merupakan air tawar dan sisanya 97% adalah air laut atau air asin. Itu berarti hanya sebanyak 3% dari air di bumi yang layak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dimana yang lebih miris lagi 3% dari air tawar yang ada tersebut, 68% berupa es glasier dan es kutub. Sisanya berupa air tanah, air permukaan, dan air yang tersimpan di udara berupa awan hujan.

Akibat sedikitnya air yang bisa dimanfaatkan, hal ini mau tidak mau mengharuskan anda untuk menghemat penggunaan air. Nah, salah satu cara menghemat penggunaan air di rumah adalah dengan menampung atau memanen air hujan (Rainwater harvesting). Anda bisa menampung air hujan dengan menggunakan teknologi rainwater utilization. Lalu apa itu Rainwater utilization? Rainwater utilization adalah suatu cara yang berguna untuk memanfaatkan air hujan dengan menggunakan beberapa tahap. Dimulai dari menampung air dalam tandon, dialirkan dengan pipa khusus, lalu disimpan di bak-bak sebelum digunakan.

Dengan air hujan ini nantinya bisa anda gunakan untuk menyiram tanaman, mencuci atau pun untuk minum. Bukan itu saja dengan memanfaatkan air hujan juga berguna untuk menghemat energi karena tidak perlu menggunakan air PDAM. Banyak sekali bukan manfaat menampung air hujan?

Mulai sekarang yuk lebih bijak dalam menggunakan air. Save water save life!!

Selamat Hari Air Sedunia!!

 

Advertisements