Penglipuran-Village-bali

Infoproperti.com – Tinggal di tempat yang bersih, nyaman dan bebas polusi merupakan dambaan bagi banyak orang. Namun karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar, sepertinya hal ini sangat sulit diwujudkan. Padahal sebenarnya yang bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan bukan hanya Pemerintah saja namun kesadaran para masyarakat sekitar juga sangat diperlukan. Nah, agar lebih termotivasi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar, berikut ini terdapat 3 desa terbersih di dunia. Kira-kira Desa mana saja yang mendapat predikat desa terbersih?

Desa Giethoorn, Belanda

Giethoorn

Desa pertama yang mendapat predikat sebagai desa terbersih di dunia berada di kawasan Overijssel, Belanda. Selain banyaknya pepohonan hijau disini, desa ini juga bebas dari polusi kendaraan. Hal ini dikarenakan desa ini tidak memiliki jalan yang tersedia hanya kanal sebagai akses transportasi dan juga jalan setapak bagi pejalan kaki. Tidak heran apabila desa terapung ini disebut sebagai “Venesia dari Belanda.”

Desa Mawlynnong, India

Mawlynnong (1)

 

Desa terbersih ke dua di dunia adalah desa Mawlynnong Meghalaya India. Di desa ini sangat bersih dan bebas dari sampah yang berserakan. Nah, untuk membuat para masyarakat peduli dengan sampah, di setiap sudut jalan disediakan tempat sampah yang terbuat dari bambu. Bukan itu saja di setiap ruas jalan juga terpasang papan peringatan dengan ukuran besar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Wah, sepertinya hal demikian cocok diterapkan di Indonesia ya?

Desa Penglipuran, Bali

penglipuran bali

Sepertinya kita patut berbahagia, pasalnya Desa Penglipuran yang berada di Bali masuk ke dalam daftar desa terbersih di dunia loh. Berada di kawasan Banjar Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali desa ini memiliki lahan seluas 112 hektar. Dimana dari luas tersebut, 9 hektar di gunakan sebagai pemukiman, 45 hektar untuk hutan bambu sedangkan sisanya digunakan untuk fasilitas umum dan juga lahan pertanian. Tidak heran apabila desa ini masuk ke dalam desa terbersih, pasalnya lingkungan di desa ini memang sangat bersih dan asri. Bukan itu saja di desa ini mobil dan juga kendaraan bermotor dilarang memasuki kawasan desa. Dengan begitu kebersihan udara di desa ini terjaga. Nah, bila Anda berkunjung Bali, jangan lupa menyempatkan datang ke desa terbersih ini ya.

Advertisements