Infoproperti - Fasting

Infoproperti.com – Ramdhan merupakan salah satu bulan yang memiliki banyak sekali keistimewaan. Banyak sekali hikmah dari menjalankan puasa selama Ramadhan bagi umat muslim di seluruh dunia. Ingin mengetahui apa saja hikmah dari puasa ramadhan simak penjelesannya berikut ini.

Bulan pengampunan

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang dipercaya oleh umat muslim sebagai bulan pengampunan. “ Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan di ampuni” (HR. Bukhari muslim). Tidak heran apabila ulama menyimpulkan bagi para umat muslim yang tidak menjalankan puasa dianggap murtad dan secara terang-terangan meninggalkan agama islam.

Bersabar

Selama puasa kita di anjurkan untuk menahan diri dari lapar, haus dan juga segala hal yang dapat membatalkan puasa. Pada saat inilah Anda di uji untuk belajar menahan setiap godaan dengan bersabar. Ini sangat berguna untuk kemajuan diri Anda kedepannya.

Disiplin

Pada saat menjalankan puasa pola hidup Anda akan menjadi lebih baik. Dimana Anda akan disiplin dalam tidur dan juga makan. Jika biasanya Anda sering tidur larut malam, sekarang menjadi lebih awal karena harus bangun untuk sahur. Bagitu juga dengan makan, apabila pada hari biasa Anda sering melewatkan makan karena alasan kesibukkan, saat Ramadhan semua kebiasaan Anda akan berubah. Anda akan lebih tepat waktu makan saat berbuka puasa dan juga sahur.

Peduli terhadap sesama

Dibandingkan bulan-bulan lainnya, Ramadhan merupakan bulan dengan banyak sekali momen indah, salah satunya ialah berbagi. Seperti memberi takjil di masjid, memberi makan sahur kepada orang yang lebih membutuhkan, dan memberi sedekah kepada fakir miskin.

Advertisements