Infoproperti-management money

Infoproperti.com – Saat ramadhan dan juga menjelang idul fitri seperti sekarang ini biasanya pekerja akan mendapat tunjangan hari raya (THR). Dimana biasanya THR ini akan diberikan perusahaan dua minggu atau seminggu sebelum hari raya tiba, namun yang menjadi masalah bagi banyak orang adalah uang thr habis sebelum hari raya. Loh kok bisa? Nah, biar kamu tidak mengalami hal demikian, berikut ada tips dari Info Properti yang bisa kamu coba.

Buat perencanaan keuangan

Agar THR kamu tetap aman saat hari raya tiba, langkah tepat yang mesti kamu lakukan adalah dengan membuat perencanaan keuangan. Dengan begitu uang kamu tidak cepat habis saat hari raya, bahkan bisa anda simpan untuk bulan berikutnya. Pisahkan mana uang untuk keperluan hari raya, transport dan juga kebutuhan pokok.

Lebaran tidak harus membeli baju baru loh

Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat apabila setiap hari raya harus menggunakan baju baru. Ya menjelang hari raya memang banyak sekali diskon yang diberikan pusat perbelanjaan, namun pastikan untuk tidak tergiur dengan diskon besar yang ditawarkan. Ingat! Lebaran tidak harus menggunakan baju baru loh. Jika memang baju lama kamu masih bisa dipakai kenapa tidak?

Gunakan uang dari pendapatan gaji

Langkah terbaik agar uang thr kamu tidak habis adalah dengan memisahkan pendapatan thr dan juga gaji kamu. Jika memang uang gaji kamu masih mencukupi semua kebutuhan hari raya dan harian, lebih baik menggunakan uang gaji saja. Agar lebih memudahkan untuk mengaturnya anda bisa menggunakan metode 30-30-40. Maksudnya disini adalah 30 persen dari pendapatan gaji kamu gunakan untuk tabungan, 30 persen selanjutnya untuk biaya hari raya, dan 40 persen untuk kebutuhan harian kamu. Dengan begitu kamu tidak akan boros dan uang thr kamu akan aman. Namun jika memang gaji tidak mencukupi kamu bisa mengambil beberapa persen dari THR untuk keperluan hari raya dan sisanya untuk ditabung.

Advertisements