Infoproperti-ModernHouse

Infoproperti.com – Kurang beberapa hari lagi kita akan memasuki musim lebaran. Bagi anda yang mudik mungkin sudah terbiasa meninggalkan rumah. Namun pada saat inilah terkadang rumah menjadi rawan kejahatan, bukan itu saja biasanya saat ditinggal mudik ke kampung halaman, banyak pula rumah yang kebakaran. Tentu saja ini sangat mengkhawatirkan bukan? Lalu bagaimana cara meninggalkan rumah agar tetap aman?

Matikan aliran listrik

Ketika akan meninggalkan rumah untuk beberapa hari atau minggu, sangat penting untuk mematikan semua barang yang mempunyai aliran listrik, entah itu lampu, kulkas ataupun kabel tv. Yang sering dilupakan ialah banyak orang yang tidak memperhatikan listrik, sehingga saat ditinggal mudik semua masih dalam keadaan menyala. Sebelum pergi, pastikan semua benda yang mempunyai aliran listrik tercabut semua, hal ini untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat konsleting listrik.

Gunakan timer pada lampu

Biasanya rumah kosong menjadi incaran para pelaku kriminalitas. Bahkan pelaku pun dapat bergerak semakin leluasa. Pelaku kejahatan biasanya akan mengetahui rumah itu dalam keadaan kosong atau tidak berdasarkan keadaan rumah tersebut. Apabila rumah Anda terlihat gelap tanpa adanya penerangan sedikitpun, dapat menandakan bahwa rumah tersebut memang tidak berpenghuni. Untuk itu sebelum meninggalkan rumah pastikan untuk memasang timer pada lampu. Timer ini dapat berguna untuk menyalakan lampu pada malam hari dan akan mati dengan sendirinya pada saat pagi menjelang. Dengan begitu rumah tidak Nampak seperti tidak berpenghuni.

Lengkapi rumah dengan cctv

Tidak perlu menunggu menjelang lebaran untuk menggunakan jasa cctv ini. Mengingat banyak sekali manfaat yang didapat dari benda yang satu ini. Dimana cctv ini dapat merekam semua kejadian yang terjadi di rumah, terlebih lagi ketika rumah dalam keadaan kosong. Dengan adanya cctv ini dapat mengetahui apakah ada sesuatu hal yang terjadi di rumah Anda atau tidak. Untuk itu, pastikan pula untuk memasang cctv pada tempat yang biasanya rawan sekali dimasuki pencuri. Bahkan dengan adanya cctv ini dapat membuat Anda dapat memantau keadaan rumah Anda dari layar laptop Anda. Sudah banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau cctv lewat laptop. Dimana aplikasi tersebut nantinya akan tersambung dengan server cctv rumah Anda.

Letakkan dokumen penting dan barang berharga di tempat yang tepat

Jangan pernah meninggalkan perhiasan maupun berkas penting dirumah. Meskipun Anda memiliki brankas sekalipun. Usahakan untuk menitipkan kedua barang tersebut di Bank atau kantor polisi. Dengan begitu keamanan berang Anda tersebut dapat terjamin.

Lapor kepada pihak RT setempat

Sebelum meninggalkan rumah untuk keperluan mudik. Pastikan Anda untuk memberi tahu pihak RT maupun RW setempat. Jika perlu tinggalkanlah nomor telepon yang dapat dihubungi. Ini untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan dirumah selama Anda pergi mudik lebaran.

Advertisements