Infoproperti-House-Fire

Infoproperti.com – Saat musim lebaran datang, tentu akan banyak sekali orang yang pergi mudik ke kampung halaman. Pada saat keadaan rumah sepi seperti inilah tidak jarang banyak masayarakat yang mengalami musibah kebakaran. Entah itu karena hubungan arus pendek listrik ataupun kelalaian penghuni, masalah seperti ini sudah pasti akan selalu terjadi dalam lingkungan masyarakat. Karena itulah kesadaran para masyarakat sangat diperlukan dalam hal ini. Jika terjadi kebakaran tentu kerugian yang ditanggung tidakalah sedikit. Untuk itu agar waktu bermudik Anda tidak terganggu dan terbebas dari bahaya kebakaran yuk lakukan ini.

Matikan semua aliran listrik

Biasanya yang sering lalai dilakukan oleh para masyarakat pada umumnya ialah tidak pernah mengecek keadaan listrik apakah dalam keadaan sudah off tau belum. Sudah banyak sekali kasus kebakaran semacam ini yang terjadi di masyarakat. Apabila Anda ingin pergi berlibur atau mudik dalam jangka waktu lama, salah satu hal yang musti Anda lakukan ialah matikan saklar dan juga aliran listrik lainnya.

Melakukan instalasi listrik secara rutin

Melakukan instalasi listrik sangat diperlukan untuk mengetahui apakah listrik masih berjalan dengan baik atau kah sudah mengalami masalah. Tidak perlu melakukan instalasi setiap tahun, cukup lima tahun sekali saja. Dalam melakukan istalasi listrik pun pastikan Anda meminta bantuan kepada ahlinya.

Kompor gas

Salah satu penyebab kebakaran di rumah ialah kompor gas. Sudah sering diberikan pengetahuan apabila sebaiknya kompor gas diletakkan di ruangan yang memiliki ventilasi bagus. Ventilasi dalam sebuah rumah memanglah sangat penting. Bukan itu saja, ketika Anda ingin meninggalakan dapur lebih baik Anda matikan kompor terlebih dahulu, meskipun hanya sebentar. Seperti yang terjadi kebanyakan dari masyarakat, mereka lalai tidak mematikan kompor ketika ingin meninggalkan dapur.

Stop kontak

Meletakkan banyak stop dalam satu saklar yang sama sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi para masyarakat. Padahal kenyataannya, meletakkan banyak stop kontak dalam satu saklar merupakan penyebab kebakaran yang paling umum, karena dapat menimbulkan panas berlebihan.

Advertisements