Membeli rumah merupakan suatu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh para masyarakat, terutama yang sudah berkeluarga. Dengan memiliki rumah ini dapat membuat pemilik mendapatkan kenyamanan saat beristirahat, meski begitu membeli rumah sangat lah tidak mudah, karena ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan. Diantaranya ialah sertifikat rumah maupun bangunan lalu apa saja dokumen yang wajib ada ketika ingin membeli rumah?

IMB

Ini merupakan salah satu dokumen penting yang wajib ada ketika ingin mendirikan sebuah bangunan atau pun ingin merenovasi rumah. Tanpa adanya izin mendirikan bangunan ini, tempat tinggal tersebut tidak mempunyai pengikat hukum dengan begitu bisa saja terjadi penyiataaan karena bangunan tersebut dianggap ilegal , karena tidak pernah mendaftarkan bangunan rumah tersebut. Untuk itu sebelum memutuskan membeli rumah, pastikan terlebih dahulu rumah tersebut telah memiliki IMB. Tidak hanya memiliki kekuatan hukum, dengan adanya IMB ini anda akan mengetahui berapa besaran biaya ketika ingin merenovasi rumah.

Pajak bumi dan bangunan

Membayar pajak merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu cobalah untuk menanyakan mengenai surat pajak dari bangunan yang akan Anda beli tersebut. Apabila terdapat beberapa masalah dalam pembayaran pajak rumah yang akan anda beli tersebut, alangkah lebih baik Anda meminta pemilik rumah untuk melakukan pelunasan pajak tersebut.  Untuk lebih aman, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli rumah dari developer. Membeli rumah dari developer akan lebih memudahkan Anda, karena biasanya semua dokumen yang berhubungan dengan rumah sudah lengkap.

SHM

Sertifikat hak milik atau yang lebih dikenal dengan istilah SHM, ini merupakan salah satu dokumen yang wajib ada ketika ingin membeli atau menjual rumah. Pastikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah, lihat dulu apakah semua dokumen yang dibutuhkan sudah tersedia atau belum, mengingat saat ini banyak sekali kasus penipuan yang berkedok dengan penjualan property. Tidak ada salahnya untuk lebih mawas diri ketika ingin membeli rumah. Pastikan nama yang tertera di sertifikat sama dengan penjual. Namun biasanya ada juga penjual yang mewakilkan penjualan rumah tersebut pada pihak developer. Untuk itu pastikan untuk selalu teliti dalam mengecek beberapa surat mengenai kelengkapan dokumen rumah. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

Advertisements