infoproperti-kitchen-utensils-expired

Infoproperti.com – Terlalu lama memasak terkadang meninggalkan noda gosong di panci yang anda miliki. Jika ini dibiarkan terus menerus, tentu saja gosongnya akan semakin tebal dan sulit dibersihkan bukan. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini ada tips mengatasi panci gosong yang ampuh di rumah.

Gunakan baking soda

Bahan yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi dalam membersihkan peralatan yang ada di rumah, begitu juga untuk membersihkan panci. Caranya cukup rendam panci dengan baking soda selama 15 menit. Dijamin noda gosong yang ada di panci akan hilang.

Lemon

Selain baking soda kamu juga bisa menggunakan lemon untuk mengatasi noda gosong di panci. Kamu bisa menggosokkan irisan lemon ke panci secara memutar. Kadar asam pada lemon dapat mengangkat kerak akibat gosong pada panci.

Minuman bersoda

Pasti kamu tidak menyangka kan, ternyata minuman bersoda juga ampuh untuk mengatasi kerak gosong yang ada di panci loh. Cukup masukkan minuma bersoda ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih dengan api kecil. Dengan begitu kerak gosong di panci akan lepas dengan sendirinya.

Detergen

Kamu juga bisa membesihkan kerak gosong dengan menggunakan detergen. Masukkan air ke dalam panci lalu masukkan bubuk detergen secukupnya, setelah itu rebus hingga mendidih, jika sudah kamu bisa mengecilkan apinya dan kembali didihkan air detergen tadi selama kurang lebih 10 menit dengan api kecil. Jika sudah kamu bisa mematikan kompornya dan buang air rebusan tadi. Setelah itu bersihkan sisa kerak yang ada di panci dengan menggunakan sikat atau bisa. Cuci dengan mengganakan sabun dan bilas hingga bersih.

Advertisements