infoproperti-eid-al-adha

Infoproperti.com – Sama seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha merupakan perayaan besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Idul adha atau yang disebut dengan hari kurban ini merupakan wujud untuk memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan anaknya kepada Allah swt yang kemudian di ganti dengan kambing oleh Allah. Karena inilah tidak heran apabila saat kurban banyak sekali olahan daging kambing. Nah, jika membahas perayaan, setiap negara tentu saja memiliki perayaan idul adha yang berbeda-beda. Penasaran kan dengan perayaan unik idul adha di belahan dunia? Simak selengkapnya disini.

Arab saudi

Di arab saudi idul adha menjadi sebuah perayaan besar dan bahkan lebih meriah dibanding dengan perayaan Idul Fitri. Bagaimana tidak disana Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan disibukkan dengan penyembelihan hewan kurban yang nantinya akan di distribusikan ke beberapa Negara Islam yang membutuhkan seperti Afrika, Asia Tengah dan juga Asia Selatan. Berbeda dengan negara lain, hewan kurban di Arab Saudi biasanya adalah unta. Ada juga sapi dan domba namun lebih banyak unta. Nah, agar pendistribusian daging rata, biasanya daging akan dibekukan terlebih dahulu.

China

Perayaan idul adha unik selanjutnya berada di Ningxia, China. Bagaimana tidak yang diperbolehkan sholat di masjid hanyalah kaum lelaki saja. Sedangkan para wanita islam disana dilarang keras untuk sholat di masjid. Bukan itu saja, biasanya saat takbiran muslim hui akan membakar hio sambil mengucap takbir. Setelah itu masyarakat akan membawa hio yang terbakar ke dalam masjid dan menancapkannya di mangkuk tempat hio. Selepas itu baru dilakukan ceramah sebelum memulai sholat idul adha.

Pakistan

Saat idul adha, biasanya semua toko disana akan tutup dan juga perusahaan akan memberikan libur selama 4 hari agar pelaksaanaan ibadah saat idul adha berjalan secara khidmat.

Amerika Serikat

Sama seperti di Indonesia, perayaan idul adha disana dimulai pada pagi hari. Setelah itu muslim disana saling berbagi makanan dengan mengadakan makan bersama. Nah, biasanya para muslim disana akan diberikan libur selama satu hingga tiga hari. Yang membedakan perayaan idul adha di Amerika adalah biasanya penyembelihan kurban disana dilakukan seminim mungkin bahkan bisa dibilang jarang melakukan penyembelihan hewan kurban.

Mesir

Perayaan idul Adha di Mesir berlangsung selama 3 hari. Sama seperti perayaan idul Adha di Amerika, disana jarang sekali diadakan penyembelihan hewan kurban. Biasanya pembagian daging kurban dilakukan oleh LSM setempat.

Advertisements