No Money

Infoproperti.com – Permasalahan bokek saat akhir bulan sepertinya dialami oleh banyak orang. Pengeluaran yang lebih banyak dari pemasukan hal ini membuat banyak orang merasa kewalahan. Nah, biar hal ini tidak terjadi secara terus menerus kepadamu, berikut ini ada tips mudah mengatur keuangan dengan tepat agar bebas bokek saat akhir bulan. Mau tau kan?

Buat rencana finansial

Cara terbaik agar kamu bisa menghemat keuangan adalah dengan membuat rencana finansial. Catat semua pengeluaran dan pemasukan yang kamu terima selama satu bulan. Dari catatan itu kamu bisa tau mana pengeluaran yang harus kamu kurangi. Akan lebih baik buat budget untuk setiap pengeluaran yang mesti kamu keluarkan.

Kurangi membawa banyak uang tunai

Apabila kamu termasuk orang yang tidak bisa menahan diri untuk berbelanja, pastikan untuk mengurangi membawa terlalu banyak uang tunai. Cukup bawa uang seperlunya saja. Dengan begitu kamu dapat lebih berhemat. Atau kamu juga bisa meninggalkan atm dan juga kartu kredit di rumah, membawa atm dan juga kartu kreadit hanya akan membaut rencana awal kamu menjadi gagal.

Bawa bekal

Cara mudah selanjutnya agar bisa menghemat pengeluaran bulanan adalah dengan membawa bekal dari rumah. Jika memang kamu anak kos, kamu bisa membeli bekal yang dekat kos, biasanya harga makanan di komplek kos lebih murah dibanding komplek perkantoran.

Kurangi hangout

Kumpul bersama teman dan sahabat di cafe atau restoran memang menyenangkan, namun pastikan untuk selalu membatasi jadwal pertemuan dengan sahabat yaa. Terlalu sering hang out tentu saja akan membaut keuangan kamu menipis kan? Cobalah buat jadwal setidaknya sebulan sekali atau dua kali untuk bertemu.

Advertisements