Boy sitting in bed in his room playing with toy

Karena beberapa hal seperti bekerja atau ada acara di luar kota, terkadang orang tua harus meninggalkan anak sendiri di rumah. Meninggalkan anak sendiri di rumah memang hal yang sulit, tapi tidak perlu khawatir berikut ini ada tips aman meninggalkan anak di rumah.

Pastikan untuk berpamitan dengan anak

Sebelum meninggalkan anak, pastikan untuk berpamitan terlebih dahulu. Katakan bahwa Anda memang ada pekerjaan penting dan harus meninggalkan anak sendiri di rumah. Dengan begitu anak dapat menerima penjelasan anda.

Tuliskan nomor darurat

Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, akan lebih baik untuk menuliskan beberapa nomor darurat. Dengan begitu ketika ada hal yang mendesak anak dapat langsung menghubungi Anda. Untuk itu jangan lupa berikan training kepada anak bagaimana cara menggunakan telepon rumah ya.

Pastikan rumah aman untuk anak

Sebelum meninggalkan anak sendiri di rumah, pastikan area rumah aman untuk anak. Singkirkan semua barang yang sekiranya dapat membahayakan utuk anak, seperti pisau.

Minta bantuan anggota keluarga yang lain

Jika Anda masih merasa khawatir meninggalkan anak sendiri di rumah, tidak ada salahnya meminta bantuan saudara atau ibu Anda untuk menemani anak di rumah.

Letakkan baby monitor

Supaya lebih aman meninggalkan anak sendiri dirumah, pastikan untuk memasang baby monitor  atau cctv di rumah. Adanya kedua alat ini akan lebih memudahkan Anda dalam memantau dan mengawasi anak selama ditinggal sendiri di rumah.

 

Advertisements