maroko design

Infoproperti.com – Dekorasi gaya maroko sebenarnya memiliki ciri khas menggunakan kasbah yaitu bangunan tradisional setempat yang berbentuk seperti benteng di lereng bukit yang kental sentuhan budaya Hispano dan Moorish dari Spanyol.

Untuk penggunaan warna yang umum dipakai pada desain etnik Maroko yaitu coklat, abu-abu, hijau, oranye, putih, biru, dan sedikit merah. Karena Semua pewarnaannya dibuat secara alami dari pohon dan batu yang ada di alam Maroko. 

ruang-tamu-ala-Maroko-4_reference

Namun yang paling menonjol pada dekorasi ruang ala Maroko adalah produk tekstil yang biasa digunakan untuk menghiasi sejumlah lantai dalam bentuk karpet, juga sarung bantal untuk duduk santai.

Nah, untuk semakin menonjolkan suasana hangat dan istimewa guna menyambut Idul Fitri kali ini, Anda bisa mengambil inspirasi desain interior ala Maroko di rumah. Caranya, tambahkan elemen khas negeri Aladdin dan Abu Nawas ini. Seperti karpet, aneka bantal dengan sarungnya yang warna-warni, lampu-lampu berdesain Maroko, serta furniturnya.

Berikut adalah lima inspirasi desain interior ala Maroko untuk Anda.

DIPAN-APARTEMEN-MAROKO-130107

1. Pilihan Warna Cat Dinding. Gunakan warna cat yang berani dan tegas, terutama yang mengandung warna bernuansa padang pasir atau sunset, dengan kombinasi warna merah, oranye, kuning, dan cokelat.

ruang-tamu-ala-Maroko-3_reference

2. Cermat Mengecat Dinding. Ketika mulai mengecat dinding salah satu ruang, jangan lupa untuk disesuaikan dengan warna karpet, furnitur, aksesori dan dekorasi yang akan digunakan di ruang tersebut. Jangan lupa pula untuk mengecat bagian langit-langitnya. Ini membuat ruangan semakin tampil beda dengan ruangan lainnya, dan menjadi pusat perhatian semua tetamu yang datang ke ruamh untuk bersilaturahmi.

3. Sesuaikan dengan Furnitur. Desain interior ala Maroko biasanya lebih banyak menggunakan furnitur berbahan kayu (dark wood). Anda bisa coba letakkan meja kopi dengan bentuk heksagonal atau oktagonal yang berkaki pendek.

morocco-home-office

Pada salah satu bidang dindingnya yang sudah dicat dengan warna khas Maroko, Anda pun bisa menggantungkan kain khas Maroko. Untuk tempat duduknya, Anda tinggal menyebar beberapa bantal ukuran besar dengan sarung bantal yang senada dengan karpet dan sarung bantalnya.

Apartemen-Gaya-Maroko-karya-Paola-Cortese

4. Lengkapi dengan Aksesori/Dekorasi Pendukung. Lengkapi ruangan dengan lampu khas bergaya Maroko. Selain lampu, Anda pun bisa meletakkan tempat untuk membakar aroma terapi atau lilin besar yang betuknya senada dengan keseluruhan ruang yang ingin diciptakan. Pilih pula wewangian yang dekat dengan nuansa negeri-negeri Timur Tengah. Dan jangan lupakan karpet, kain hiasan dinding, serta aneka bantal empuk, ya.

5. Karpet atau Matras Tipis Berdesain Khas. Tutupi lantai ruangan Anda dengan karpet berdesain khas negeri Maroko. Tak perlu seluruh lantai ditutupi oleh satu karpet lebar sekaligus. Agar ruangan tampil semakin unik gunakan beberapa karpet dengan desain berbeda sekaligus, namun memiliki warna yang senada. 

Nah, sekarang ruangan Anda sudah berubah menjadi ruangan keluarga Maroko. Sangat pas untuk menerima para tamu dari kalangan keluarga untuk berbincang akrab dan hangat sambil menikmati opor dan gulai kambing sebagai hidangan khas di Hari Raya Idul Fitri.

Advertisements