Infoproperti.com – Saat ini membeli rumah semakin mudah, terlebih semenjak adanya kpr atau kredit kepemilikan rumah yang diberikan oleh pihak perbankan. Namun sudah tahukah Anda apabila skema pembayaran dalam pembelian rumah tidak hanya menggunakan kpr saja, namun anda pun juga dapat menggunakan cicilan bertahap kepada pengembang. Dari kedua cara pembayaran tersebut, kira-kira lebih menguntungkan yang mana? Berikut ulasan lengkapnya

Ketika membayar cicilan menggunakan KPR Anda hanya perlu membayar sebesar 30% dari gaji Anda, waktu cicilanpun juga terbilang cukup lama yaitu sekitar 10-15 tahun. Namun bukan berarti cicilan menggunakan kpr tidak memiliki kekurangan, perlu Anda tahu semakin lama waktu cicilan yang anda ambil, semakin tinggi pula bunga yang mesti anda bayarkan.

Nah, jika diatas sudah dibahas mengenai skema pembayaran menggunakan kpr, sekarang kita lanjut dengan sistem pembayaran menggunakan cicilan bertahap. Apa itu cicilan bertahap? Cicilan bertahap ialah salah satu metode pembayaran yang dilakukan konsumen dengan cara mencicil kepada pengembang. Cicilan bertahap memiliki banyak sekali keuntungan salah satunya ialah tidak adanya suku bunga, waktu cicilan pun juga terbilang sangat singkat yaitu paling lama 36x cicilan. Dengan menggunakan metode pembayaran cicilan bertahap, anda pun juga dapat terhindar dari biaya asuransi, pajak dan juga biaya provisi. Tidak hanya itu anda pun juga tidak perlu menyiapkan dokumen seperti pada sistem kpr, karena anda langsung membayar cicilan kepada pengembang.

Dan kelemahan dari sistem pembayaran bertahap ialah biaya cicilan yang mesti anda bayar lebih besar. Waktu cicilan pun juga terbilang sangat singkat, berbeda dengan menggunakan sistem kpr yang bisa sampai 15 tahun.

Semoga bermanfaat!!!

Advertisements